Minggu, 11 Juni 2017

Ingin Nuansa Ramadhan yang Berbeda? Lombok Tempatnya!

Sumber: Go muslim
Ketika kita berbicara mengenai bulan yang istimewa, jawabannya adalah bulan ramadhan. Bulan yang selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Bercerita mengenai Indonesia, tidak akan ada habisnya. Negeri dengan berjuta keindahan alamnya dan tradisi yang beragam. Setiap daerahnya pasti memiliki keunikan tersendiri, begitu pula dalam menyambut bulan suci ramadhan.  

Nah, kali ini kita meluncur yuk ke Nusa Tenggara Barat, dimana terdapat daerah yang wajib jadi list wisata halal dibulan puasa ini. Yap ! tepatnya di Lombok dan Sumbawa.

Mayoritas penduduk Lombok adalah muslim dan juga terdapat ribuan masjid megah yang dapat kita jumpai disetiap kaki kita melangkah. Gak heran jika sampai saat ini Lombok tetap dijuluki dengan “PULAU SERIBU MASJID” dan pernah mendapatkan 2 penghargaan dalam World Halal Travel Summit 2015 dengan memenangkan 2 kategori yaitu World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination.

Nuansa islami pun sangat kental terasa di daerah ramah muslim ini, apalagi saat sudah memasuki bulan ramadhan. Nah, bagi kamu traveller halal yang mau merasakan sensasi bulan puasa yang berbeda, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Berwisata ke  Lombok akan menjadi pilihan yang tepat dan bermanfaat.

Sebelum meluncur ke Lombok, Yuk intip dulu pesona apa sih yang akan kamu dapatkan jika menjalani bulan ramadhan di pulau 1000 masjid ini!

Ngabuburit Asik di Pulau Wisata Halal

Sumber: sendok traveller
Lombok selalu memiliki nilai keindahan yang luar biasa dimulai dari alam, tradisi dan masjid-masjid megah yang syarat akan nilai islami. Saat masuk ke gerbang utama atau pintu masuk ke pulau Lombok, kita akan disuguhi dengan Tugu Giri Menang Town Square yang berbentuk kubah masjid, saat ini begitu terkenal karena dibuktikan dengan banyaknya pengunjung. Apalagi jika saat bulan puasa ini, pengunjung semakin meningkat karena tempat ini juga cocok dijadikan tempat ngabuburit, untuk sekedar berfoto atau berbelanja makanan untuk berbuka, karena tidak jauh dari tugu tersebut, lapak pedagang kaki lima berjajar rapi yang menyediakan berbagai kuliner tradisional dilengkapi dengan tempat parkir sehingga tidak mengganggu arus laju kendaraan.

Sumber: Putre
Beribu masjid yang berada di Lombok juga sering dijadikan tempat menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa, baik itu mendengarkan ceramah maupun bertadarus bersama. 

Pasar Kebon Roek
Sumber: Wonderful Lombok Sumbawa
Menunggu berbuka puasa memang paling asik kalau sambil jalan-jalan sore dan berbelanja. Nih, cocok kalau ngabuburit ke Pasar Kebon Roek, pasar ini juga menjadi salah satu objek wisata di Lombok lho!
Pesona Pantai Senggigi
Sumber: Initempatwisata.com
Bicara soal Lombok rasanya belum sempurna kalau gak ngebahas pantainya. Nah, pantai-pantai yang ada di Lombok juga cocok untuk dijadikan tempat ngabuburit, dengan pemandangan yang indah akan membuat kita lebih fresh dalam menjalani puasa.


Tarawih Dipimpin 4 Imam Besar

Suasana Tarawih Hari Pertama
Sumber: Lombok Post
Banyaknya masjid di pulau Lombok, tentu akan mempermudah wisatawan yang datang agar tidak ketinggalan dalam beribadah. Bagaimana tidak? Setiap kaki melangkah pasti akan kita jumpai berbagai masjid yang berbeda dengan arsitektur luar biasa. Gak kebayang dong yah gimana ramainya Lombok waktu sahur, tadarus, berbuka dan tarawih. Nah, bulan ramadhan rasanya gak afdol kalau gak ngomongin shalat tarawih. Saat menjalani shalat tarawih di Lombok, kamu akan mendapatkan sensasi Masjidil Haram disini. Karena tarawih akan dipimpin oleh 4 imam besar, diantaranya:

1. Syeikh Ahmad Jalal Abdullah Yahya dari Yordania
2. Prof. Dr. Syeikh Khalid Barakat dari Lebanon
3. Syeikh Moad Duaoik dari Maroko
4. Syeikh Ezzat Sayyid dari Mesir

Masjid Hubbul Wathan
Empat imam besar tersebut bertugas secara bergiliran, masing-masing 1 minggu. Shalat tarawih dilaksanakan di Islamic Center Mataram. Wah, kapan lagi bisa piknik sambil ibadah dengan sensasi masjidil haram.


Kuliner Mantap Untuk Berbuka

Sate Rembiga
Sumber: Wonderful Lombok Sumbawa
Menyebut nama sate pasti selalu bikin perut demo. Nyium wanginya pas lagi dibakar aja udah enak banget, apalagi sampe dilidah. Nih, Lombok juga punya kuliner sate yang khas yaitu sate rembiga . Apa sih yang ngebedain dari sate-sate yang lain? Daging sate khas rembiga ini dipotong kecil-kecil. Sebelum dimasak, dagingnya direndam dengan bumbu-bumbu hingga 3 jam, supaya meresap dan siap untuk dibakar. Duh, kenikmatan yang hakiki banget yaa. Buka puasa jadi makin terasa nikmatnya.

Ayam Taliwang

Ini nih yang ga boleh ketinggalan jadi list menu buka puasa di Lombok, yap! Ayam Taliwang. Yaudah lah yaa gausah dibahas, karena makanan yang satu ini sudah terkenal juara rasanya.
Masih banyak lagi kuliner mantap dan unik untuk berbuka puasa yang bisa kamu temukan di Lombok. Yummyyy

Pesona khazanah Ramadhan di Bumi Seribu Masjid


Bulan ramadhan ini di Lombok ada event seru yang tentunya selalu memiliki nilai islami. Event ini adalah Pesona Khazanah Ramadhan 2017, sudah dimulai dari tanggal 25 Mei dan akan berakhir pada tanggal 26 Juni 2017, tepatnya di Islamic center Mataram dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut:
1. Tabligh akbar
2. Shalat tarawih bersama empat imam besar
3. Pameran dan bazar seperti, pameran buku, kuliner halal, pameran busan dan pernak-pernik muslimah, pameran foto, handycraft, pameran seni budaya islam, dan pameran lainnya.
4. Kegiatan talkshow kesehatan, pendidikan, kewirausahaan dan hijab tutorial.
5. Kegiatan sosial seperti pelayanan kesehatan gratis, berbagi bersama sahabat serta hiburan islami.
6. Kegiatan lomba vlog, lomba blog, lomba fotografi, lomba mewarnai, lomba pantun dan pemilihan da’i remaja.
7. Kegiatan hiburan seperti fashion show, pentas seni budaya dan musik religi
Malam takbir 1000 cahaya

Waahh, paket komplit yaa kalau liburan ke Lombok di bulan ramadhan tahun ini, selain kita asik menikmati alamnya, kita juga akan menikmati nuansa ramadhan yang berbeda dan tentunya akan dirindukan setiap tahunnya.

Tunggu apa lagi? Bulan Ramadhan belum berakhir lho, Yuk ke Lombok !


21 komentar:

  1. Nunggu gajian, siapin list buat liburan ke Lombok hihi

    BalasHapus
  2. Semoga biasa honeymoon disana yaa. Biar yang halal makin halal hehe

    BalasHapus
  3. event ramadhan di Lombok banyak bangettt. siap siap nabung.

    BalasHapus
  4. pengen ke lombok pengen nyobain air lautnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. eleuuhh ya sama2 asin lahhhh, ga brubah jadi manis

      Hapus
  5. subhanallah smoga ad rjekinya bisa kesana

    BalasHapus
  6. kuliner mmang g bleh ketinggalan klo travelling wkwk

    BalasHapus
  7. Halo mbak Eva, salam kenal.
    Kunjungan pertama saya nih ke blognya mbak Eva.

    Setuju, berkah Pesona Khazanah Ramadan, memberikan nuansa yang serba lebih.
    Apalagi bagi kami yang tinggal di Lombok.

    Salam blogging & travelling ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbk sudah berkunjung. Salam kenal juga ^^
      Wah, mbk tinggal di Lombok ya? kapan-kapan pengen banget travelling ke sana. Bismillah semoga ada rezekinya hehe

      Hapus
  8. Assalamu'alaikum. nice artikel (y)

    BalasHapus
  9. Ihhkapan yaa bisa ngerasain nuansa ramadhan di lombok. Hmnmn

    BalasHapus
  10. asik yaaa puasa di lombok. smoga bisa kesana lagi pas ramadhan 😉

    BalasHapus
  11. pertama kali berkunjung. nice artikel. Happy blogging :D

    BalasHapus